Monday, February 3, 2014

Valencia Permalukan Barca 3-2 di Camp Nou

812562




Barcelona harus menelan pil pahit ketika menjamu Valencia di Camp Nou, Sabtu (1/4/2014), dalam lanjutan Liga BBVA. Pasalnya, El Barca kalah 2-3, yang membuat posisi mereka di puncak klasemen sementara terancam.

Ya, gagal mendulang poin di jornada 22 ini membuat Barca mendapatkan tekanan sangat serius dari dua rival terdekatnya yang merupakan tim ibu kota, Atletico Madrid

dan Real Madrid. Barca kini masih di puncak klasemen dengan raihan total 54 poin, tetapi hanya menang selisih gol dari Atletico dan unggul satu poin dari Madrid.

Jika pada Senin (3/1) Atletico meraih poin ketika menjamu Real Sociedad dan Madrid menaklukkan tuan rumah Athletic Bilbao

, maka sang juara bertahan dipastikan lengser. Ini tentu saja menjadi pukulan telak bagi Lionel Messi dan kawan-kawan dalam usaha mereka mempertahankan gelar La Liga.

Barcelona mengawali laga dengan sangat meyakinkan. Tak perlu waktu yang lama bagi tim besutan Tata Martino ini membobol gawang lawan, karena pada menit kedelapan Alexis Sanchez telah mengoyak jala gawang tim tamu yang dikawal Diego Alves.

Menerima umpan silang dari Lionel Messi

di sisi kanan pertahanan Valencia, Sanchez yang bergerak dari sayap kanan langsung melepaskan tendangan ke arah gawang tanpa lebih dulu mengontrolnya. Bola melengkung dari sisi kanan ke arah pojok tiang jauh tanpa bisa dihalau Alves.

Tertinggal, Valencia yang tak pernah mengalahkan Barcelona di ajang La Liga sejak 2007 ketika menang 2-1 di Mestalla, mencoba bangkit. Pada menit ke-12, Los Che membuat publik Nou Camp

terhenyak ketika Sofiane Feghouli melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Beruntung Victor Valdes sangat sigap menghalau si kulit bundar keluar, sehingga tak tercipta gol.

Setelah itu, Barca kembali mengendalikan jalannya pertandingan dan menciptakan sejumlah peluang. Messi, yang belum mencetak gol di La Liga sejak membobol gawang Almeria ketika Barca menang 2-0 pada 28 September lalu, tak leluasa memasuki kotak penalti karena terus mendapatkan pengawalan. Hanya Pedro yang mendapatkan sejumlah peluang, tetapi tak bisa dikonversi menjadi gol karena selalu digagalkan Alves.

Terus menyerang, gawang Barca justru kebobolan menjelang turun minum. Pada menit ke-44, Daniel Parejo berhasil mencetak gol memanfaatkan umpan tarik Feghouli yang menyayat sisi kanan tuan rumah. Skor 1-1 pun menandai berakhirnya paruh pertama.

Di awal babal kedua, Valencia langsung menggebrak. Alhasil, gol pun tercipta di menit ke-48 lewat aksi Pablo Piatti, yang membuat Kelelawar Mestalla unggul 2-1. Berawal dari umpan manis Paco Alcacer, Piatti melakukan aksi terbang untuk menyundul si kulit bundar yang tak mampu dihentikan Valdes.

Namun keunggulan Valencia tak bertahan lama. Hanya berselang enam menit, Barca mampu menyamakan skor melalui penalti Messi. Hukuman tendangan 11 meter ini diberikan karena Ricardo Costa dinyatakan handball ketika berusaha menahan bola

umpan Pedro. Messi yang jadi algoju mengarahkan bola ke pojok kiri atas gawang. Skor 2-2.

Valencia tak patah semangat. Tiga menit berselang, mereka kembali unggul 3-2 berkat gol Alcacer. Feghouli yang menjadi otak terciptanya gol itu karena berawal dari pergerakannya di sektor kiri pertahanan lawan untuk melewati tiga pemain belakang Blaugrana, sebelum melepaskan umpan tarik ke mulut gawang. Alcacer yang telah menunggu langsung menyambar bola dan tak mampu dihentikan Valdes.

Gol tersebut membuat kepercayaan diri para pemain Valencia kian tinggi. Alhasil, mereka mampu mengatasi tekanan yang terus dilancarkan tuan rumah, sambil mencari celah melakukan serangan balik yang berbahaya. Sampai laga usai, tak ada gol yang tercipta dan Valencia pun meraih poin penuh di Camp Nou.

Susunan pemain

Barcelona: 1-Victor Valdes, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba, 22-Dani Alves, 4-Cesc Fabregas, 6-Xavi, 16-Sergio Busquets, 7-Pedro, 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi

Pelatih: Gerardo Martino

Valencia: 1-Diego Alves, 14-Juan Bernat, 19-Antonio Barragan, 20-Ricardo Costa, 22-Jeremy Mathieu, 2-Pablo Piatti, 6-Oriol Romeu, 8-Sofiane Feghouli, 15-Javi Fuego, 21-Daniel Parejo, 16-Paco Alcacer

Pelatih: Juan Antonio Pizzi

No comments: