Wednesday, January 15, 2014

Jakarta Ke-11 Kota Paling Rawan Banjir di Dunia

812562




Penelitian yang dilakukan oleh LiveScience pada September 2013 lalu mengungkapkan bahwa Jakarta adalah salah satu kota yang rawan banjir. Label ini sejatinya sudah diperkirakan ratusan tahun yang lalu oleh para pembesar VOC ketika pertama kali membangun Jakarta.

Tingginya curah hujan serta peningkatan permukaan laut menjadi indikator utama penyebab banjir di Jakarta. Kota menjadi lumpuh yang berujung pada kerugian material hingga jutaan dolar AS setiap harinya.

Para peneliti Livescience mengumpulkan data dari 136 kota pesisir di seluruh dunia demi mengetahui kota-kota yang paling rawan terkena banjir. Mereka secara khusus memilih kota-kota berpenduduk lebih dari satu juta jiwa.

Tak hanya itu. Tolok ukur lain untuk penelitian dilakukan dengan melihat ketinggian kota tersebut dari permukaan air laut, distribusi populasi penduduk, serta jenis proteksi banjir yang dimiliki kota.

Para peneliti juga mengkombinasikan data dengan perkiraan peningkatan permukaan air laut, penurunan permukaan tanah karena berkurangnya pasokan air tanah, serta proyeksi pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan GDP. Dari semua data tersebut, para peneliti menggunakan data ketinggian banjir untuk memperkirakan kerugian yang disebabkan oleh banjir.

Hampir semua kota yang termasuk dalam daftar ini berasal dari Asia dan Amerika Utara. Tercatat, kerugian pertahun di semua kota tersebut berjumlah melebihi satu triliun Dolar AS. Guangzhou di China dinilai sebagaikotapaling rentan banjir dan menderita paling banyak kerugian. Posisi Guangzhou diikuti oleh Mumbai dan Kalkuta di India, Guayaquil di Ekuador, dan Dhanzen di China.

Berikut daftar lengkap 20 kota paling rentan banjir:

1.Guangzhou,China

2.Mumbai,India

3.Kalkuta,India

4.Guayaquil, Ekuador

5.Shenzen,China

6.Miami,Fla.

7.Tianjin,China

8.New York,N.Y.—Newark,N.J.

9.Ho Chi Minh City,Vietnam

10.New Orleans,La.

11.Jakarta,Indonesia

12.Abidjan, Pantai Gading

13.Chennai,India

14.Surat,India

15.Zhanjiang,China

16.Tampa—St. Petersburg,Fla.

17.Boston,Mass.

18.Bangkok,Thailand

19.Xiamen,China

20.Nagoya, Jepang

Diperlukan strategi cerdik untuk membebaskan, paling tidak meminimalkan banjir yang sering menyerang Jakarta. (Intisari)

No comments: