Wednesday, November 13, 2013

Topan-Topan Paling Kuat dan Mengerikan di Dunia



Setiap tahun, bumi ini sering dilanda bencana alam baik itu gempa bumi, tsunami, topan dan sejenisnya. Sebagian besar negara terutama di daerah tropis, setiap tahunnya sering dilanda bencana alam angin topan.

Topan dan badai memang bisa meratakan semuanya jadi tanah hanya dalam satu hari saja, bahkan menyebabkan kehilangan harta benda dan banyak korban jiwa akibat bencana alam ini. Dan berikut 10 topan terkuat, tercepat dan paling mengerikan yang pernah terjadi di dunia ini.

10. Topan Cimaron

[imagetag]

(images: wunderground)

Pada tahun 2006, Topan Cimaron tercatat menjadi salah satu topan terkuat di dunia. Topan ini melanda negara Filipina dengan kecepatan 230 kilometer per jam dan menghancurkan segalanya. Nama jenis topan ini diambil dari jenis sapi liar. Topan Cimaron menewaskan sekitar 20 orang, 15 orang menghilang dan menyebabkan kerusakan properti senilai Rp 103 miliar.

9. Badai Topan Andrew



[imagetag]


(images: noaanews.noaa.gov)

Badai ini menyerang bagian selatan Florida, barat daya Louisiana dan bagian utara barat Bahama. Badai ini memiliki kekuatan dan kecepatan yang luar biasa dan menyebabkan kehancuran dalam area yang cukup luas. Kerusakan akibat badai ini ditaksir bernilai Rp 298 miliar.

8. Topan Nina



[imagetag]


(images: Wikipedia)

Bencana alam Topan Nina terjadi pada tahun 1975 yang melanda Cina dan menghancurkan Bendungan Banqiao dan menyebabkan banjir besar yang menyebabkan 100.000 jiwa melayang. Topan Nina hanya terjadi dalam beberapa hari.

7. Topan Saomai



[imagetag]


(images: gearthblog)

Topan Saomai juga melanda Cina dan Taiwan yang menghancurkan lebih dari 1.000 rumah dan 100 orang terluka. Topan Saomai memiliki kecepatan 135 mil per jam dan tercatat menjadi topan paling kuat sejak 1949 yang melanda Cina. Dikatakan 458 orang tewas dan menyebabkan kerusakan senilai Rp 28,7 triliun akibat bencana alam ini.

6. Topan Megi



[imagetag]


(images: transworld.net)

Ivan Cabrera, seorang ahli meteorologi CNN, menyatakan bahwa Topan Megi adalah salah satu topan terkuat yang pernah terjadi di planet ini sejak tahun 2005. Topan ini tercatat memiliki kecepatan 225 kilometer per jam. Pada tahun 2010 Topan Megi pernah menghantam negara Filipina.

5. Topan Ida



[imagetag]


(images: Wikipedia)

Topan Ida terjadi pada 24 September tahun 1960 di Jepang dengan kecepatan 115 mil per jam dan menyebabkan 700 orang hilang dan 300 orang tewas. Topan ini menyebabkan kerusakan yang sangat parah di seluruh tanah Jepang.

4. Topan Kenna



[imagetag]


(images: Wikipedia)

Topan Kenna tercatat menjadi badai terkuat ke-3 yang menghantam pantai Meksiko. Topan Kenna terjadi pada 25 Oktober 2002 dengan kecepatan 140 mil per jam dan merusak banyak properti bernilai Rp 1,1 triliun.

3. Topan Katrina



[imagetag]


(images: katrina.noaa.gov)

Topan Katrina terjadi pada bulan Agustus tahun 2005 di Louisiana dan Mississippi. Topan ini tercatat badai terkuat kedua yang pernah melanda Amerika Serikat. Tercatat 1.833 jiwa melayang dan kerusakan yang parah akibat topan mengerikan ini.

2. Topan Cora



[imagetag]


(imgaes: tiptoptens)

Topan Cora memiliki kecepatan mencapai 175 mil per jam yang menyebabkan banyak kerusakan dan korban jiwa. Topan Cora terjadi di Timur Utara Cina dan Korea Selatan.

1. Topan Tip

812562


[imagetag]


(images: Wikimedia)

Pada tanggal 12 Oktober 1979, Topan Tip menghantam Guam dan Jepang dengan kecepatan yang mencapai 190 mil per jam. Sekitar 100 orang tewas dan biaya akibat kerusakan yang tidak diketahui. Dengan diameter 1.380 mil, Topan Tip tercatat sebagai siklon tropis terbesar yang pernah terjadi di planet ini.

No comments: