Friday, November 29, 2013

Lautan Paling Dalam di Dunia

Bayangkan, 70,9 % wilayah Planet Bumi adalah lautan. Traveler yang wara-wiri di daratan, berarti hanya menjelajah 29,1 % planet ini. Tak heran, masih banyak yang belum tahu soal 5 laut paling dalam di dunia.

Lautan paling dalam sering disebut palung. Ini adalah bagian yang paling dalam dari sebuah laut atau samudera. Wisatawan bisa saja melihat tempat ini karena banyak yang dekat dengan kawasan wisata bahari. Inilah 5 lautan terdalam di dunia:

1. Palung Mariana, AS



[imagetag]


Terletak di dasar Samudera Pasifik, ada tempat bernama Mariana Trench atau Palung Mariana. Kedalamannya mencapai 10.924 meter! Sekarang Anda tinggal membayangkan jurang laut yang lebih tinggi dari Pegunungan Himalaya yang hanya 8.848 mdpl.

Dari situs resmi US Fish & Wildlife Service, Palung Mariana berada di dekat Kepulauan Mariana. Walaupun sudah dekat dengan Jepang, kawasan ini masuk dalam wilayah AS bersama dengan Pulau Guam. Pulau Mariana menjadi semacam taman nasional dengan kunjungan turis paling banyak dari Jepang.

2. Palung Puerto Rico, Puerto Rico



[imagetag]


Sekarang kita bergeser ke Samudera Atlantik, di sana ada Palung Puerto Rico. Berapa kedalamannya? 9.219 meter. Pegunungan Himalaya masih kalah tinggi dibandingkan jurang laut yang satu ini.

Palung Puerto Rico menjadi batas Laut Karibia dan Samudera Atlantik. Tidak perlu iseng menjajal kedalaman Palung Puerto Rico, nikmati saja pulau, pantai dan aneka pemandangan indah di permukaan lautnya.

3. Palung Jawa, Indonesia



[imagetag]


Lautan dalam yang satu ini ada di negeri sendiri. Palung Jawa menjadi titik terdalam di Samudera Hindia dengan kedalaman 7.455 meter.

Palung ini letaknya memanjang dari pesisir timur Sumatera sampai pesisir selatan Jawa. Titik terdalamnya ada di 320 km lepas pantai selatan Yogyakarta. Karakter palung ini turut menjadi faktor di balik keindahan pantai, karang, dan ombak dari Yogyakarta sampai Gunungkidul yang mempesona wisatawan.

4. Southern Ocean, Antartika



[imagetag]


Southern Ocean lebih dikenal dengan nama Samudera Antartika. Ini adalah lautan paling selatan dari Planet Bumi. Di lautan ini ada titik terdalam yang mencapai 7.236 meter, hanya berselisih 219 meter saja dengan Palung Jawa.

Southern Ocean ini berdekatan dengan beberapa negara di Bumi Selatan macam Australia, Selandia Baru, Chili dan Argentina. Lautan di sini tentu saja dingin dengan suhu rata-rata -2 sampai 10 derajat Celcius saja. Tapi sampai saat ini, masih ada beberapa perusahaan kapal pesiar yang akan mengantar Anda ke sana.

5. Arctic Basin

812562


[imagetag]


Di Kutub Utara ada Arctic Basin di Laut Arctic. Menurut World Altas, Arctic Basin memiliki palung dengan kedalaman 5.625 meter. Untung juga tidak ada manusia yang tinggal di sini, selain tempat ini juga dingin.

Artic Basin berbatasan dengan banyak negara yaitu AS, Kanada, Rusia dan Greenland yang menjadi bagian dari Denmark. Oleh karena itu banyak wisatawan dari negara-negara ini mencoba berkunjung ke Arctic Basin. Tentu saja mereka tidak menyelam, melainkan misalnya melihat beruang kutub di Pulau Baffin, Kanada.

No comments: