Tuesday, November 12, 2013

Kota Paling Nyaman di Indonesia

812562


[imagetag]


Indonesia memiliki banyak kota-kota untuk dijadikan tempat tinggal. Dari sekian banyak kota di Indonesia, ada satu kota yang mendapatkan predikat 'The Most Liveable City' atau kota ternyaman untuk ditinggali, di mana?

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak menyebutkan, dari survey yang dilakukan Ikatan Ahli Perencanaan, kota yang memiliki indikator sebagai kota ternyaman untuk ditinggali di Indonesia adalah Yogyakarta.

"Kemarin Ikatan Ahli Perencana melihat Yogyakarta termasuk yang tinggi, yang termasuk liveable," kata Hermanto di sela acara peringatan Hari Tata Ruang 2013 di Taman Menteng, Jakarta, Minggu (10/11/2013).

Kenapa termasuk yang terbaik, pasalnya Hermanto mengatakan Yogyakarta memenuhi indikator-indikator kota ternyaman. Diantaranya adalah tata ruang yang baik, tingkat kemacetan dan polusi, minimnya kawasan kumuh dan indikator penentu lainnya.

"Indikatornya bukan cuma sungai yang bersih tapi ada juga ruang terbuka hijau yang baik, ada faktor kemacetan lalu lintas, termasuk (minimnya) pemukiman kumuh, dan itu Yogyakarta yang paling enak dihuni menurut IAP," tambahnya.

Meski demikian, Hermanto tidak menyebutkan kebalikan dari kota yang paling enak dihuni. Dia enggan menyebut di mana kota yang tidak nyaman untuk dihuni di Indonesia.

"Kalau itu tanya IAP saja," tutupnya.

No comments: