Saturday, November 9, 2013

4 Tempat Paling Berisiko untuk Menggunakan Kartu Debit

Kartu debit memang memiliki keuntungannya tersendiri. Anda tidak harus takut akan memiliki tunggakan hutang di akhir bulan, karena tidak seperti kartu kredit. Ketika menggunakan kartu debit, uang yang dikeluarkan pun sesuai dengan saldo yang ada di tabungan Anda.

Meskipun kartu debit dianggap menguntungkan, tapi menggunakannya bukan berarti tidak berbahaya. Ada beberapa tempat yang paling berisiko bila Anda menggunakan kartu debit. Di mana saja? Intip di sini, seperti dikutip dari Bank Rate.

812562


[imagetag]

1. Mesin ATM di Tempat Sepi

ATM merupakan salah satu tempat yang paling berbahaya untuk menggunakan kartu debit, jika letaknya di sisi jalan dan hanya ada satu mesin. Situasi yang sepi, membuat mesin tersebut memberikan kesempatan yang sempurna bagi pencuri untuk 'skimming' pengguna kartu debit, ungkap Chris McGoey, seorang konsultan keamanan yang berbasis di Los Angeles.

Skimming adalah praktek menangkap informasi kartu nasabah bank yang dijalankan melalui mesin yang dapat membaca magnetik kartu. Mesin-mesin itu sering ditempatkan di atas slot kartu di ATM.

"Setiap transaksi yang Anda lakukan di mesin ATM yang berada di luar ruangan akan menjadi risiko yang lebih tinggi. Jika masyarakat memiliki akses ke sana, maka seseorang memiliki kemampuan untuk menambahkan perangkat skimming di ATM tersebut," ungkap McGoey.

Menurut McGOey akan lebih aman menggunakan ATM di dalam mesin ATM yang berada di outlet ritel (supermarket, department store), mall besar, kantor atau di tempat yang cukup terang.

2. SPBU

Ada beberapa pom bensin yang menyediakan mesin ATM. Padahal, mengambil duit di sana juga berisiko.

"Cukup mudah bagi orang jahat untuk menempatkan perangkat skimming dan memasang kamera kecil di sana," papar Julie McNelley, senior analyst Aite Group LLC.

Menurutnya, pencuri sering menggunakan kamera kecil untuk menangkap rekaman pengguna kartu debit saat memasuki PIN mereka. Sehingga para pencuri pun bisa memiliki akses untuk mengambil sang pengguna kartu debit tersebut.

3. Online Shop

Menggunakan kartu debit dianggap cara yang nyaman untuk membeli produk secara online, terutama bagi mereka yang tidak ingin menggunakan kartu kredit. Namun sayangnya, web adalah salah satu tempat paling berbahaya untuk melakukan transaksi. Sebab, ini berpotensi besar untuk para hacker.

"Membeli barang secara online harus berhati-hati karena Anda harus tahu dengan siapa Anda melakukan bisnis. Ketika Anda membeli barang secara online, yang selalu membunuh saya tentang itu adalah orang mengatakan, 'Ini adalah situs yang aman'," jelas Frank Abagnale, secure-document consultant di Washington, D.C.

4. Restoran

Ternyata menggunakan kartu debit di restoran juga berbahaya. Ketika Anda melakukan transaksi, biasanya Anda akan memanggil pelayan untuk memberikan kartu debit atau kartu kredit. Padahal saat mereka melakukan transaksi pembayaran, hal buruk bisa saja terjadi.

"Pelayan datang ke meja Anda, mengambil kartu Anda, dan menghilang untuk sementara waktu sehingga ia memiliki privasi. Tentu saja ini sama dengan memberikan orang kesempatan untuk menyalin informasi mengenai kartu debit Anda," jelas McNelley.

McNelley juga mengatakan menggunakan kartu debit untuk pengiriman pesanan (delivery makanan) dapat berisiko karena kasir cenderung menyimpan informasi pembayaran pelanggan pada file. Waduh!

Secara keseluruhan, terlepas dari apakah Anda menggunakan kartu debit di sebuah restoran kecil atau toko besar, kemungkinan penipuan selalu ada. Jadi, jangan lupa untuk selalu berhati-hati.

No comments: