Monday, October 28, 2013

Rekor Tahan Napas di Air Paling Lama



Pria asal Denmark bernama Stig Severinsen, berhasil mencatatkan namanya di Guinness World Record sebagai pria yang mampu menahan napas selama 22 menit.

812562


[imagetag]

Peraih gelar PhD dalam bidang kedokteran dan gelar master dalam biologi ini senang melakukan aksi-aksi ekstrim.



Stig, juga pernah memecahkan rekor sebagai perenang terjauh di air dingin dengan jarak sejauh 236 meter sebelum dia memecahkan rekor menahan napas terpanjang selama 22 menit.

Seperti dilansir Oddity Central, Sabtu (26/10/2013), dalam upaya pemecahan rekornya, pria berkepala plontos ini didampingi oleh saudaranya dan seorang dokter yang terus memantau organ-organ vitalnya.

Sebelum menahan napas, Stig menghirup oksigen murni terlebih dahulu untuk menghilangkan paru-parunya dari nitrogen dan karbon dioksida lalu mengisinya dengan oksigen. Stig juga mengatur suhu air di kolam renang berada di sekitar 30 derajat Celcius sehingga dirinya bisa menurunkan detak jantung sampai 30 denyut per menit.

Setelah 20 menit dan 10 detik, Stig berhasil memecahkan rekor yang pernah diciptakannya sebelumnya, tetapi dia memutuskan untuk menambah hingga satu menit 50 detik untuk meningkatkan waktu yang dia berhasil capai. Akhirnya, stig berhasil menahan napas selama tepat 22 menit.

Stig memiliki kapasitas paru-paru 14 liter, dua kali lipat dari orang-orang lainnya. Selain paru-paru yang sangat kuat, pria berusia 40 tahun ini juga selalu senang melakukan aksi di dalam air terutama air yang dingin.

Ketika masih muda, dia suka pergi untuk menyelam di lubang es. Dia juga bermain rugby dan hoki di dalam air.

Stig menjelaskan bagaimana bernapas yang baik sebelum setiap melakukan tantangan yang menantang maut dalam bukunya yang berjudul "Breatheology". Meditasi dan mahir mengontrol keadaan adalah kunci saat kita panik.

No comments: