Wednesday, October 9, 2013

Penampakan Mumi Paling Menyeramkan

tkpgila.blogspot.com - Tahukah Anda, Peru rupanya punya mumi yang tak kalah menyeramkan dari mumi Mesir. Bedanya, kebanyakan mumi di Peru ini sudah tersisa tulang belulang, tapi masih banyak rambut di tengkoraknya. Beginilah penampakannya!





[imagetag]


Mumi Peru berada di Chauchilla atau sekitar 30 kilometer di sebelah selatan Kota Nazca. Bagi para turis, cukup mudah untuk melihat mumi tersebut seara langsung. Sebab, ada banyak operator tur di Peru yang menawarkan perjalanan ke sana.

Dilongok dari situs Nazca Flights, Selasa (7/10/2013) ini adalah salah satu operator tur yang menawarkan wisata ke Chauchilla. Chaucilla merupakan tempat pemakaman orang-orang yang dianggap suci dan diperkirakan sudah ada sejak tahun 600-700 Masehi.

Pemakaman mumi di Chauchilla mulai ditemukan sejak tahun 1920 oleh para arkeolog. Sayang, saat itu ada banyak perampok yang mencuri harta-harta dan mumi tersebut. Memang, suku-suku di Nazca selalu mengguburkan orang suci yang meninggal bersama artefak atau keramik emas.

Meski begitu, hingga kini turis masih bisa melihat dari dekat mumi-mumi di Chauchilla. Diperkirakan, ada puluhan mumi di sana yang ada di tiap lubang-lubang besar di dalam tanah. Satu lubangnya, bisa terdapat dua sampai tiga mumi. Muminya pun ada yang berupa anak-anak.

Mumi di Peru diawetkan menggunakan getah resin dan dibungkus dengan kain katun. Lalu, diletakan begitu saja di atas tanah. Karena wilayah Chauchilla mayoritas adalah gurun yang panas, maka proses pengeringan dari mayat menjadi mumi pun tak berlangsung lama.

Uniknya, beberapa mumi masih ada yang memiliki rambut di kepalanya. Kebanyakan berambut panjang dan ada beberapa yang masih terlihat jelas kulit serta kukunya yang masih menempel di badan. Meski begitu, mumi yang ada di sana kebanyakan sudah berupa tulang belulang saja. Mayat orang-orang yang dianggap suci tersebut dijadikan mumi sebagai tanda penghormatan.

Nazca Flights pun menawarkan paket wisata ke Chauchilla seharga USD 20 atau sekitar Rp 230 ribu. Itu, belum termasuk biaya tambahan masuk Chauchilla sebesar USD 2 atau sekitar Rp 23 ribu. Dengan ikut paket turnya, turis sudah mendapatkan transportasi menuju Chauchilla, pemandu berbahasa Inggris, dan tur seharian menjelajahi Chauchilla.

Sejak tahun 1997, pemerintah Peru telah mengembalikan artefak dan keramik emas, serta tulang mumi ke pemakaman Chauchilla yang didapat dari para pencuri. Turis bisa melihat banyak tulang belulang dan tengkorak yang masih memiliki rambut dari dekat. Bulu kuduk dijamin akan berdiri!



[imagetag]




[imagetag]




[imagetag]


812562


[imagetag]


No comments: