Wednesday, October 23, 2013

Jalur Lintas Alam Paling Mengerikan di Dunia



Alam ini memiliki begitu banyak hal menakjubkan sekaligus mengerikan yang tidak diketahui manusia. Tapi ternyata, meskipun jalur-jalur itu terlihat sangat mengerikan, namun manusia selalu saja memiliki keinginan untuk melewatinya.

Berbagai jalur lintas alam itu terkadang bisa berupa tebing curam, jalanan terjal, maupun jembatan mengerikan yang mau tak mau harus kamu lewati. Pertanyaannya adalah, seberapa berani kamu melewati lokasi tersebut?

Apabila kamu menganggap dirimu adalah orang yang berani melewati hal-hal semacam itu, sepertinya kamu harus mencoba melewati 10 jalur lintas alam berikut ini yang tampak mengerikan!

1. Jembatan Trift, Swiss

[imagetag]

Jika dibandingkan jalur lainnya, jembatan Trift ini mungkin tak terlalu menakutkan. Ini adalah satu-satunya jembatan gantung terpanjang yang bisa ditemukan di pegunungan Alpen. Dengan panjang 169 meter dan tinggi 99 meter di atas ngarai Trift. Satu pesan untukmu, jangan melihat ke bawah karena jembatan gantung ini bisa membuat tulang belakangmu kesemutan apalagi saat kondisi berangin. Tetap tenang ya.

2. Keshwa Chaca, Peru

[imagetag]

Jembatan Keshwa Chaca diyakini sebagai jembatan peninggalan suku Inca yang terkenal. Dibangun oleh bangsa Inca menggunakan serat tumbuhan alami, setiap bulan Juni penduduk sekitar memperbaharui Keshwa Chaca. Meski jembatan baru sudah dibangun, namun masyarakat lokal percaya bahwa ini adalah tradisi menghormati leluhur. Jembatan ini membentang sepanjang 35 meter dengan tinggi 67 meter di atas sungai Apurimac. Berani melintasi?

3. Heaven's Gate + Big Gate Road + Glass Skywalk Trail, China

[imagetag]

Lengkungan tebing setinggi 131 meter meter ini mendominasi jalur skyline di Tianmen Mountain National Forest Park dan sering disebut sebagai jiwa Zhangjiajie karena merupakan lengkungan tebing yang tercipta alami dan dijuluki Gerbang Surga. Ingin mencoba melewatinya? Tenang saja, sudah ada jalurnya dengan lebar 30 meter dan berada di titik 1.520 meter. Hanya masalahnya adalah jalur ini transparan dari kaca, sehingga kamu bisa melihat tebing langsung di bawah kakimu. Berani?

4. Jembatan Hussaini, Pakistan

[imagetag]

Membutuhkan mental yang luar biasa hebat untuk melewati jembatan Hussaini ini. Orang-orang yang berada di lembah Hunza, Pakistan ini harus melewati jembatan kematian yang membentang di atas danau Borit. Masalahnya adalah, papan jembatan ini hanyalah berupa kayu jarang-jarang dengan jalur air yang deras. Berani melewatinya?

5. Ha'iku Stairs, Hawaii

[imagetag]

Ada 3.922 buah anak tangga logam membentang setinggi 853 meter ke atas awan pulau Oahu, Hawaii. Tangga Haiku ini dibangun pada 1943 sebagai fasilitas kabel antena. Meskipun peringatan berbahaya dikeluarkan, namun banyak pejalan kaki yang menaiki tangga ini di tengah kegelapan. Salah satu kejadian fatal pada tahun 1999 di Sacred Falls yang menewaskan 8 orang dengan korban 42 orang.

6. Inca Trail to Machu Picchu: Stairs of Death, Peru

[imagetag]

Situs populer Inca Trail ke Machu Picchu terdiri dari 3 rute yang saling tumpang tindih yakni Classic, Mollepata, dan One Day. Mengunjungi situs warisan dunia ini membuat kamu harus memanjat tangga curam dan sempit. Jalur yang sangat berat namun juga berharga. Melewati jalur ini membutuhkan stamina yang luar biasa, bayangkan kamu harus naik tangga curam setinggi 2.438 meter dan turun kembali.

7. El Caminito del Rey, Spanyol

[imagetag]

El Caminito del Rey merupakan jalur yang ada di sepanjang dinding tebing El Chorro, sebuah ngarai kapur besar di dekat Alora. Jalur ini hanya memiliki lebar 2-3 meter dan berada 350 meter di atas sungai Guadalhorce. Pasca kecelakaan tragis, pihak berwenang Spanyol memilih menutupnya pada tahun 2000 meski masih ada pecinta alam gila yang berusaha melewatinya.

8. Angels Landing, Amerika Serikat

[imagetag]

Angels Landing, yang sebelumnya dikenal dengan nama Kuil Aeolus adalah puncak dari formasi bebatuan panjang dan sempit yang terletak di Taman Nasional Zion. Dengan panjang 2,4 mil mulai dari wilayah Grotto, jalur ini membentang mulai ketinggian 453 meter 1.761 meter. Puncaknya digambarkan sebagai lokasi sempit dan terisolasi sehingga dianggap hanya malaikat yang bisa tiba di sana. Jalur sempit, berbatuan, berputar, naik turun, dan jurang. Mungkin memang hanya malaikat yang bisa ke sana.

9. Yosemite's Half Dome, Amerika Serikat

[imagetag]

Terletak 1.443 meter di atas lembah Yosemite dan 2.696 meter di atas permukaan laut, Half Dome adalah lokasi yang dianggap tak dapat diakses oleh kaki manusia. Namun pasca George Anderson mencapai puncak pada 1875, kini setiap tahun pendaki melewati jalur sepanjang 8 mil dengan beberapa ratus meter tangga granit dan jalur terakhirnya adalah jalanan vertikal 121 meter yang dilalui dengan bantuan dua kabel logam. Ingin mencoba? Harap ingat karena sudah banyak pejalan kaki yang jatuh dan meninggal di sana.

10. Hua Shan Trail, China

812562


[imagetag]

Gunung Hua Shan adalah salah satu dari lima gunung suci di China. Banyak sumber menyatakan bahwa jalanan hiking Hua Shan yang paling berbahaya di dunia. Bahkan jalur ini memakan sekitar 100 korban/tahun. Untuk melihat pemandangan puncak, kamu harus berjalan di tebing yang hanya selebar satu papan kaki dengan jurang tepat di sampingmu. Ingin mencoba jalur ini? Jangan lupa untuk menyewa tali pengaman dan siapkan mentalmu.

Jadi itulah beberapa jalur lintas alam yang paling menantang sekaligus sangat mengerikan untuk dilalui. Apakah diantara kalian ada yang berani mencobanya?

No comments: