Monday, September 2, 2013

Kota-Kota Paling Berpolusi Sejagat

Terpaling - Melihat Ibu Kota Jakarta, Indonesia, atau Ibu Kota Beijing, China, mungkin Anda berpikir kedua kota itu punya tingkat polusi udara yang akut. Pencanangan negara lebih hijau cuma menjadi slogan lantaran saban hari ratusan unit kendaraan terjual, berbanding jomplang dengan pohon yang ditanam.

812562


[imagetag]

Ternyata bukan ibu kota besar berada di peringkat lima besar kota dengan tingkat polusi paling mengkhawatirkan berdasarkan laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Banyak dari kota berpolusi berada di negara ketiga lantaran sedang giat membangun.

Berikut Inilah 5 kota yang paling berpolusi sedunia:

1. Kota Ahwaz, Iran

Kota Ahwaz, Provinsi Khuzestan, Iran menjadi kota paling berpolusi udara peringkat pertama menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Penduduk kota ini juga cepat meningkat populasinya dua kali lipat dibandingkan lima tahun lalu.

Kota ini juga menjadi pusat industri di Iran. Setiap hari tingkat polusi berada di angka 300. Di angka ini penduduk Kota Ahwaz berpotensi masalah penyakit pernafasan dan kanker paru-paru.

2. Ulan Bator, Republik Mongolia

Ibu Kota Ulan Bator, Republik Mongolia, menjadi kota kedua tingkat polusi udara membuat bergidik di angka 279 saban harinya. Ini sangat mencemaskan mengingat angka paling buruk dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni hanya 71.

Jalan-jalan di Ulan Bator selalu tertutupi kabut asap. Bahkan jika musim dingin tiba, asap masih ada bercampur salju. Warna salju kerap kehitaman menandakan tingkat racun berbahaya.

3. Kota Sanadaj, Iran

Warga Iran lain di Kota Sanandaj senasib dengan rekan mereka di Kota Ahwaz. Tingkat polusi udara di Sanandaj berada di urutan ketiga wilayah berpolusi udara terburuk sejagat menurut lansiran Organisasi Kesehatan DUnia (WHO).

Warga Sanandaj sehari-hari beraktivitas dengan memakai masker dan melindungi kulit mereka sebab asap dihasilkan dari pabrik dan kendaraan bisa membuat kondisi kulit jadi mengerikan. Bahkan kasus kanker kulit, selain kanker paru-paru, ikut meningkat. Saban tahunnya sekitar 3 persen dari populasi sekitar 600 ribu orang kena kanker kulit dengan tingkatan berbeda.

4. Kota Ludhiana, India

Jika Anda berpikir Ibu Kota New Delhi, India menjadi terpolusi di negara itu, dugaan Anda salah besar. Ada kota lebih buruk dari kondisi udara di New Delhi, yakni Kota Ludhiana. Kota ini berada di peringkat keempat paling berpolusi sejagat versi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dengan populasi sekitar tiga juta, polusi mencapai tingkat 251. Namun banyak warga berkegiatan tidak memakai masker pelindung sehingga mereka sangat rentan terkena penyakit pernafasan.

5. Kota Quetta, Pakistan

Jika saja alarm tingkat polusi udara terpasang di Kota Quetta, Pakistan, saban hari penanda itu akan meraung sebab tingginya racun pada udara terkadang membuat kegiatan warga lumpuh.

Dengan tingkat polusi 244 dan warga yang enggan menggunakan masker, banyak penduduk mengalami sesak nafas akut. Bukan hanya asap dari beberapa industri, melainkan juga dari pembakaran kendaraan. Banyak mobil di Quetta produksi lama sehingga gas buang sangat kotor dan hitam.

No comments: