Monday, September 30, 2013

Foto-foto: Ragam Hewan yang Tersembunyi



[imagetag]

Banyak hewan yang tersembunyi dan jarang terekspos karena dianggap tidak semenarik hewan lain seperti harimau, ikan hiu, atau gajah. Ross Piper berusaha menjembatani celah ini dengan menampilkan keragaman hewan yang lebih luas, bagaimana mereka berkembang biak.



[imagetag]Ubur-ubur adalah kelas cnidaria yang dapat ditemukan di setiap samudera dari permukaan hingga dasar laut. Sebagian besar bebas berenang tetapi beberapa statis dan menempel di dasar laut.



[imagetag]Loricifera adalah hewan laut yang baru-baru ini ditemukan. Hewan dengan kepala seperti sikat dan berukuran mikroskopis adalah hewan yang sangat kompleks dan tubuhnya terdiri dari 10.000 sel yang sangat kecil, seperti dijelaskan oleh Piper.



[imagetag]Cnidaria adalah filum hewan yang hidup di air termasuk ubur-ubur dan terumbu karang. Mereka memiliki dua bentuk tubuh: medusa (berbentuk seperti ubur-ubur) dan polip (lebih statis). Polip berfungsi untuk mengapung, tentakel untuk mencari makan, pencernaan, dan reproduksi.



[imagetag]Moluska memiliki tubuh yang lunak dan sebagian besar spesies masih memiliki cangkang. Tetapi beberapa contoh seperti cumi-cumi dan siput laut sudah tidak bercangkang. Buku 'Amazing Diversity of Living Creatures' karya Ross Piper diterbitkan oleh Thames & Hudson.



[imagetag]Cacing bersegmen atau annelida terdiri dari jenis-jenis cacing yang cukup dikenal seperti cacing tanah. Bentuk tubuh yang bersegmen memudahkan filum ini berenang.

812562


[imagetag]

Moluska adalah filum yang beragam, termasuk sekitar 100.000 spesies seperti siput, kerang, remis, dan nautilus.

PHOTO: BBC

No comments: