Monday, September 2, 2013

9 Makanan Haram Dikonsumsi Menjelang Tidur

635621


[imagetag]

Hasrat makan atau ngemil bisa datang kapansaja, termasuk ketika Anda sudah beranjak tidur . Boleh saja memuaskan hasratmakan di malam hari, tapi pilihlah makanan yang sehat dan rendah kalori sepertibuah atau popcorn tanpa garam dan mentega. Sebaliknya, hindari sembilan makanan ini sebelum tidur karena akan membuat Anda makin gemuk dan berisiko terkenapenyakit, seperti dikutip dari All Women Stalk.

1. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi tidak hanyamembuat Anda sulit tidur, tapi juga bersifat diuretik, yang artinya membuatAnda ingin selalu buang air kecil. Ketika mata terjaga, otomatis keinginanuntuk mengunyah makanan akan muncul dan memicu Anda untuk ngemil makanan tidaksehat seperti keripik kentang, biskuit atau jenis junk food lainnya.

2. Cokelat

Cokelat memiliki zat yang berfungsimenenangkan dan memunculkan perasaan senang, tapi bukan makanan yang baik untukdikonsumsi sebelum tidur. Bahkan jenis dark chocolate sekalipun, mengandungkafein dan banyak gula. Seperti kita tahu, gula akan menaikkan gula darahdengan cepat namun cepat pula turun sehingga menimbulkan rasa lapar yangberlebihan. Akibatnya, Anda pun akan makan berlebihan.

3. Keju

Bagi mereka yang intoleran atau alergiterhadap laktosa yang terkandung dalam susu, maka sebaiknya menghindari makankeju sebelum tidur. Sementara bagi yang tidak bermasalah dengan laktosa,mengonsumsi keju sebelum tidur tetap bisa menimbulkan gangguan karena membuat perutterasa penuh dan mual. Plus, keju adalah makanan yang tinggi lemak serta kaloridan bisa membuat tubuh semakin gemuk.

4. Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas saat akan beranjaktidur? Anda mencari masalah dengan perut. Cabai, merica dan bumbu pedas lainbisa menyebabkan heartburn (rasa seperti terbakar pada dada) dan pada beberapaorang bisa meningkatkan level energi. Bukannya tidur, Anda mungkin akanmenghabiskan malam dengan membersihkan kamar mandi, mencuci mobil atauolahraga.

5. Cookies, Cake, Es Krim

Hindari semua makanan yang mengandung gulasebelum tidur seperti cookies, cake atau es krim. Gula akan menaikkan guladarah dan menambah energi (yang tidak dibutuhkan untuk tidur). Jika hasratmakan makanan manis datang di malam hari, carilah alternatif lain denganmengonsumsi buah-buahan segar seperti apel, pisang atau mangga.

6. Hamburger

Hamburger dengan kalori dan lemak tinggisebelum tidur? Bisa dipastikan tubuh Anda akan menumpuk kelebihan kalori danlemak, terutama di area perut. Selain itu, hamburger yang berisi daging dankeju juga bisa menyebabkan heartburn. Hindari makanan berlemak agar tidur lebihnyenyak dan terasa segar ketika bangun di pagi hari.

7. Biji-bijian

Meskipun mengandung protein dan serat,biji-bijian (polong, kedelai, kacang merah, kacang panjang, buncis) sebaiknyatidak dikonsumsi sebelum tidur. Makanan tersebut menimbulkan gas dan membuatperut terasa tidak nyaman sepanjang malam. Sebaiknya makan biji-bijian ketikamakan siang atau sore.

8. Soda

Soda adalah minuman yang popular. Sekarang inisemua orang hampir menyukai minuman bersoda. Meski rasanya enak, Anda harusberhati-hati bila terlalu banyak meminumnya, terutama saat menjelang tidur.Mengonsumsi minuman bersoda dalam jangka waktu panjang dapat berakibat buruk bagikesehatan seperti penyakit diabetes dan jantung.

9. French Fries

Siapa yang tidak suka kentang goreng? Rasanyayang gurih lezat memang terlihat seperti camilan yang sempurna ketika rasalapar mendera di malam hari. Tapi kentang goreng adalah salah satu makananterburuk untuk dikonsumsi menjelang tidur. Minyak dan lemaknya akan bercokol diperut Anda ketika tidur dan jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus, bisamenyebabkan peningkatan kolesterol dan kegemukan. Saat mulut ingin mengunyahmakanan gurih dan asin, makanlah kacang almond atau kraker rendah garam.

Sumber

No comments: