Monday, September 9, 2013

10 Perangkat Keras Buatan Microsoft

635621


[imagetag]

Microsoft

terkenal karena sistem operasi Windows miliknya. Padahal mereka sebenarnya juga memproduksi perangkat keras . Di bawah ini adalah daftar perangkat keras yang pernah dibuat oleh Microsoft semenjak era 80-an.

1. Microsoft Mouse

Dikenal sebagai monster bermata hijau karena ia memiliki dua tombol di depan. Bentuknya masih kaku dan tidak memiliki sisi lengkung seperti kebanyakan

mouse

yang ada di pasar. Tetikus yang lahir pada 1983 ini juga menggunakan kabel dan tidak dilengkapi fungsi

scroll

.

2. Microsoft Natural Keyboard

Pada 1994 Microsoft memperkenalkan papan ketik miliknya. Tombol alfabet Microsoft Natural Keyboard agak unik karena terpisah menjadi dua bagian. Di antaranya terdapat bagian kosong yang diisi oleh tiga lampu, kemungkinan lampu tombol

caps lock

,

num lock

,

dan

scroll lock

.

3. IntelliMouse

Microsoft mengeluarkan IntelliMouse yang menjadi penerus Microsoft Mouse pada 1996. IntelliMouse sudah berwujud seperti tetikus yang ada saat ini. Ia juga sudah memiliki scroll.

4. SideWinder

Kontroler gim pernah punya masa emas. Microsoft pada 1996 mengeluarkan SideWinder yang digunakan saat bermain gim, dilanjutkan dengan beberapa model dan yang sangat populer yaitu SideWinder Force Feedback Pro.

Perangkat pendukung itu biasa digunakan saat bermain gim simulator pesawat.

5. Microsoft Cordless Phone System

Ini adalah pendahulu Skype. Microsoft MP-900 merupakan perangkat yang bekerja di frekuensi 900 MHz dan dilengkapi sebuah sistem pendukung, yaitu

call manager

yang dapat mencatat buku telepon, merekam nomor telepon yang masuk, dan perintah suara.

Keduanya pernah hadir dan populer pada 1998.

6. Xbox

Kalau Sony punya Playstation, Microsoft tak mau kalah dengan menghadirkan Xbox pada 2001. Beberapa gim sempat populer di konsol gim ini seperti Halo dan Halo 2. Microsoft pun mengeluarkan model baru konsolnya yang dinamai Xbox 360 empat tahun kemudian.

7. Microsoft Fingerprint Reader

Perangkat ini diperkenalkan pada 2004 dan mampu menyimpan 10 sidik jari per orang. Tapi karena alasan keamanan, perangkat ini kurang sukses.

8. LifeCam

Bagi yang suka melakukan

phone conferencedengan Yahoo! Messenger atau Skype pasti pernah menggunakan

webcam

yang dikeluarkan Microsoft pada 2006.

9. Zune

Zune adalah pemutar musik digital yang dibuat untuk menandingi Ipod. Ia hadir pada 2006 dengan kapasitas 30GB. Tapi karena kurang diminati, Zune tidak diproduksi lagi sejak Oktober 2011.

10. Kinect

Beberapa produk Microsoft memang dibuat untuk menjadi pesaing milik kompetitor. Begitu juga Kinect yang diperkenalkan pada 2010. Saat itu Nintendo mengeluarkan perangkat dan cara baru untuk bermain gim dengan konsol Wii miliknya.

Hampir sama dengan Wii, Kinect menggunakan gerakan tubuh untuk bermain.

Sumber

No comments: