Thursday, August 8, 2013

Ukulele Lipat Unik Dari Bambu



Ukulele?

Sebuah alat musik petik sejenis gitar berukuran kecil, sekitar 20 inci, dan merupakan alat musik asli Hawai ditemukan sekitar tahun 1879

::Mari Kita Sambut::

Seorang seniman massachusset yang terkenal dengan karya Origaminya, Brian Chan mencoba emmbuat sebuah ukulele yang unik. Berangkat dari kebiasaannya untuk traveling, dia merasa perlu membuat alat musik yang lebih kompak dan mudah untuk di bawa, dan dimasukkan ke dalam tas saat dalam perjalanan. Bidang Origami yang dia geluti dan pengaruh anime sains fiksi yang dia gemari selama ini melahirkan ide untuk membuat Ukulele Lipat ini.

Ukulele ini terbuat dari 99% plywood (kayu lapis) dari bahan bambu. Bentuk dasar dari bagian-bagian "puzzlenya" pun dibuat se-geometris mungkin, dengan menggunakan bentuk heksagonal, puzzle ini menjadi jauh lebih mudah untuk disusun. Pemotongan pola-pola dari kayu lapis bambu ini menggunakan laser cutting sehingga hasilnya pun bisa rapi dan detil. Neck dari ukulele ini sendiri dapat dilipat ke dalam body ukulele itu sendiri, jadi sangat menghemat tempat. Ukulele soprano mempunyai suara yang cenderung lebih bright, dengan volume setengah dari Ukulele biasa, hal ini disebabkan karena kurangnya ruang resonansi. Namun, masalah ini bisa dipecahkan dengan penambahan pre-amp, piranti elektronik yang membantu meninggikan volume instrument musik.





[imagetag]

Penampakannya nih gan





[imagetag]

Nah, sama seperti ukulele pada umumnya, senarnya dari nylon, 4 senar, dengan scale 13 Inch





[imagetag]

Ini bagian headstocknya, yang juga bisa dilipat, lihat aja engsel yanga da di pangkal headstock. Untuk fret, Ukulele ini tidak menggunakan fret besi pada umumnya, tapi memanfaatkan kemiringan papan fret sebagai pembeda batas nada satu dengan yang lain. Cukup unik





[imagetag]

[imagetag]

Ini adalah mekanisme lipat Ukulele-nya. Ada dua kali proses melipat, yaitu antara neck dan body, dan antara neck dan headstock. Setelah semua amsuk sempurna ke dalam badan Ukulele, ada sebuah penutup khusus yang mengunci agar lipatan itu kembali terbuka. Total ukuran setelah ditutup adalah 9.5 inch, atau sekitar 24 cm.



768843


[imagetag]

Sumber

635621

No comments: