Tuesday, August 20, 2013

PLTP Ulumbu Mulai Menerangi Flores









pada kesempatan ini ane mau memperkenalkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dan cara kerjanya secara singkat dari sumber/source hingga menjadi listrik yang bermanfaat bagi kita semua. Lokasi dan sumber yang ane ambil ialah PLTP 2 x 2.5 MW Ulumbu Flores NTT yang kebetulan tempat ane bekerja.

  Monggo gan yuk disima





Spoilerfor PLTP:



[imagetag]

PLTP Ulumbu diresmikan pada tanggal 11 Nopember 2011 oleh mantan Dirut PLN bapak Dahlan Iskan (sekarang Menteri BUMN).

Maksud dari 2 x 2.5 MW adalah kapasitas Generator dapat menghasilkan atau menanggung power 2.5 Mega Watt dan di PLTP tersebut mempunyai 2 unit generator sehingga bisa menghasilkan power 5 MW. Untuk sekarang PLTP sudah berhasil menerangi Ibukota Kabupaten Manggarai yaitu Ruteng, desa Wewo, Ponggeok, Satarmese, Iteng, Borong, Umu dan Desa Paka.





Source Geothermal / Panas Bumi







[imagetag]

Sumber yang digunakan untuk menggerakkan Turbin untuk PLTP adalah berupa uap steam panas yang keluar dari perut bumi setelah dilakukan pengeboran sedalam ± 1000 meter dan suhu steam sendiri ± 200° celcius.



Sumur







[imagetag]

Ini adalah sumur tempat keluarnya steam panas tadi, Energi panas yang dimiliki oleh uap air pada dasarnya berasal dari magma ini mengalirkan energi panasnya secara konduksi pada lapisan batuan impermeable (tidak dapat mengalirkan air) tekanan uap steam yang keluar sebesar 30 Bar dan PLTP Ulumbu memiliki 3 sumur.



Receiving Header







[imagetag]

Steam header adalah merupakan tabung silinder berdiameter 1.800 mm dan panjang 19.500 mm. Alat tersebut dipergunakan untuk menampung uap dari beberapa sumur produksi melalui pipa transmisi, dengan demikian apabila diluar dugaan ada kerusakan atau perbaikan salah satu sumur, tidak akan mengganggu operasi dari unit pembangkit.



Silencer







[imagetag]

Pipa Silencer atau peredam berguna untuk meredam suara bising yang dikeluarkan uap steam saat terjadi kebocoran di jalur pipa, uap steam dialihkan ke silencer ini gan.

Separator







[imagetag]

Separator berfungsi untuk membersihkan / menyaring uap dari partikel-partikel berat, karena uap yang untuk keperluan benar-benar harus terbebas dari kontaminasi.

Separator yang digunakan adalah jenis "Cyclon", artinya aliran uap yang masuk ke separator akan berputar kemudian dengan pengaruh gaya sentrifugal partikel-partikel berat akan terlempar jatuh ke bawah, sementara uap yang sudah bersih akan mengalir ke turbin.



Alat-alat Penting







[imagetag]

Ini adalah alat-alat penting untuk menghasilkan dan menjaga proses pembangkitan listrik, yaitu Turbin, Generator, dan Oil Sistem.

Turbin







[imagetag]

Turbin adalah sebuah mesin berputar yang mengambil energi dari aliran uap steam. Turbin sederhana memiliki satu bagian yang bergerak, "asembli rotor-blade". Uap steam yang bergerak menjadikan baling-baling berputar dan menghasilkan energi untuk menggerakkan rotor.

Generator







[imagetag]

Generator adalah suatu peralatan yang berfungsi untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Sistem penguatan generator dapat berupa sistem penguatan sendiri maupun sistem penguatan terpisah. Generator itu sendiri terdiri dari 2 kumparan utama, yaitu kumparan rotor dan kumparan stator. Kumparan rotor berfungsi untuk untuk membangkitkan medan magnet setelah diberi arus penguat dari main exciter. Kumparan stator akan menimbulkan tegangan yang bermanfaat sebagai sumber listrik bila kumparan rator yang bermuatan medan magnet terbuka berputar.

Oil Sistem







[imagetag]

Sistem pelumasan sangat penting untuk melindungi bagian-bagian sudut gear & bearing turbin dan generator tersebut agar tidak terkikis karna saling bergesekan.

Transformator







[imagetag]

Transformator tenaga berfungsi untuk menaikkan (step-up) dan menurunkan (step down) tegangan.

Tegangan output dari power plant yang akan di transmisi melalui jarak yang jauh harus di naikkan dahulu melalui transformator step-up karena generator tadi hanya menghasilkan 6.3 KV dan setelah dinaikkan menjadi 20 KV. Dengan demikian pada daya yang konstan, tegangan di naikkan maka arus akan menjadi kecil, dalam hal ini dapat memperkecil kerugian tegangan.

Tegangan 20 KV sendiri adalah jaringan tegangan menengah yang siap didistribusikan baik untuk konsumen rumah maupun konsumen pabrik.

Kira-kira seperti inilah line diagramnya



812562


[imagetag]

No comments: