Friday, August 16, 2013

Australia Kembangkan Gas Dari Kotoran Babi

812562


[imagetag]Sekelompok ilmuwan asal Australia mengembangkan teknologi baru yang dapat mengubah kotoran babi menjadi biogas. Peneliti dari CRC Care, pusat riset yang berbasis di Adelaide, melakukan percobaan tersebut di peternakan babi di Cina, dengan mengubah jutaan ton kotoran babi menjadi gas alami.

Peternakan babi di Cina menghasilkan 1,4 juta ton kotoran babi dan 7 juta ton urin per tahun. Namun, hanya 10 persen yang diolah. Residu peternakan, berdampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan.

Kepala Pelaksana CRC Care, Ravi Naidu, mengatakan timnya meneliti kotoran babi setahun terakhir. "Saat ini, biodigester sudah digunakan untuk industri," ujarnya, Selasa, 21 Mei 2013.

Keunggulan teknologi ini adalah menghasilkan energi selama 12 bulan. Hal itu, dia melanjutkan, sebagai reaksi dari gas berasal dari kotoran yang disimpan di bawah tanah. "Keunggulan lain adalah bisa menyeimbangkan temperatur," ujar Naidu.

Perusahaannya sedang mengembangkan teknologi yang memungkinkan penyimpangan gas di permukaan tanah sehingga bisa lebih efisien. Naidu mengatakan teknologi tersebut dapat diimplementasikan di manapun.

CRC Care juga bekerja sama dengan Pork CRC Roseworthy di Australia Selatan untuk menjaring produsen atau peternak babi yang tertarik untuk mencoba teknologi ini. Roger Campbell, bos perusahaan rekanan itu, mengatakan temuan ini bakal disambut positif di Australia. "Teknologi bisa digunakan untuk menghemat biaya produksi di peternakan," ujar dia.

    Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/05/21/061482171/Australia-Kembangkan-Gas-Dari-Kotoran-Babi



    No comments: