Friday, June 14, 2013

Nenek Moyang Hiu Hidup 70 Juta Tahun Lalu

812562


[imagetag]





CANBERRA 

Ikan kuno  Placoderm merupakan jenis vertebrata (bertulang belakang) yang memiliki rahang dan diyakini pernah hidup di 70 juta tahun lalu. Peneliti telah lama berasumsi bahwa ikan purbakala ini mempunyai struktur primitif seperti hiu.

Dilansir 

ABC , Jumat (14/6/2013), Placoderm dikatakan merupakan ikan 'lapis baja' kuno yang memiliki otot-otot kompleks, termasuk otot perut. Peneliti di Australia menemukan jaringan unik yang diawetkan pada fosil Placoderm.

Kate Trinajstic, seorang paleontolog dari Curtin University mengatakan, penemuan ini memberikan wawasan dalam evolusi awal semua vertebrata. "Yang demikian belum pernah ditemukan di dunia," kata Trinajstic.

Lebih lanjut ia mengatakan, peneliti benar-benar menemukan otot-otot 

ikan  tersebut. Untuk pertama kalinya peneliti bisa memetakan semua otot yang ada pada Placoderm.

"Ini memberitahu kami bahwa ikan primitif tidak berarti hewan yang sederhana," ungkapnya. Ikan ini menurutnya memiliki otot unik dan kompleks yang berbeda dengan ikan modern.

"Bersama dengan sistem otot yang kompleks, mereka juga memiliki kolom tulang belakang yang berbeda," terangnya. Satu hal yang membuat Placoderm berbeda dengan hiu ialah adanya sendi penting antara tengkorak dan bagian 'korset' bahu.

"Ikan ini memiliki sendiri leher tulang yang luar biasa dan mereka juga memiliki baju besi. Sehingga, mereka hanya bisa menggerakkan kepala mereka naik dan turun karena mereka punya sendi engsel khusus," tutur Trinajstic.

Placoderm menurutnya merupakan hewan pertama yang memiliki sebuah leher. Ikan purbakala ini juga merupakan hewan pertama yang memiliki bahu terpisah dari bagian belakang kepalanya.





okezone

No comments: