Tuesday, June 18, 2013

Jembatan Antar Negara Paling Pendek Sedunia

Perbatasan negara bisa berada di mana saja: tengah kota, gurun pasir, gunung atau laut. Di antara AS dan Kanada terdapat dua pulau yang terhubung oleh jembatan perbatasan terpendek di dunia. Panjangnya 9,7 meter saja.

Meski terdiri dari 2 pulau, namanya cuma satu yaitu Zavikon Island. Pulau yang besar ditempati sebuah rumah, sementara pulau yang kecil adalah halaman belakang. Meski jaraknya dekat, kedua pulau ini berada di teritori berbeda. Satu di wilayah AS, separuh lagi di perairan Kanada.





[imagetag]


812562


[imagetag]




Akhirnya, sang pemilik pulau membuat jembatan yang sekaligus menjadi perbatasan negara. Inilah jembatan antar negara terpendek di dunia, dengan panjang 9,7 meter. Di tengahnya terdapat garis batas teritori, lengkap dengan gambar bendera AS dan Kanada.

Zavikon Island terletak di Saint Lawrence River. Di wilayah yang sama terdapat ratusan pulau lain yang tersebar di area sepanjang 50 mil. Wilayah tersebut membentang di antara New York (AS) dan Ontario (Kanada).

Perjanjian antara AS dan Kanada tahun 1793 menyatakan, tak ada pulau yang terbagi dua. Oleh karena itu, garis perbatasan terbentang di antara pulau-pulau.

Dua per tiga pulau di sana adalah milik Kanada, termasuk Zavikon Island yang besar. Halaman belakangnya adalah milik AS.

No comments: