Thursday, June 13, 2013

3 Malware serang 70.000 PC di Indonesia



812562


[imagetag]



Indonesian Computer Emergency Response Team (ID-CERT) menemukan 3 jenis malware yang ditanamkan di jaringan protocol Internet dan telah menyerang 70.000 PC di seluruh Indonesia.

Malware dari jenis Drone, sality2, dan conficker.c ini berpotensi melakukan serangan DDoS (Distributed Denial of Service) maupun aktivitas lainnya, termasuk cyber crime.

Sampai 12 Juni 2013, malware tersebut telah menyerang 196 perusahaan (ISP dan non ISP), 27 institusi akademik/universitas, 13 instansi pemerintahan, dan 3 Internet eXchange (2 milik milik pemerintah dan 1 milik komunitas)

"Serangannya sangat cepat, dalam waktu kurang dari 24 jam sudah meningkat 2 kali lipat dari 30.535 pada 11 Juni menjadi 71.000 pada 12 Juni. Ancaman serangan ini jangka panjang, karena bila penanamnya mengaktifkan bot/zombie, maka akan mudah melancarkan serangan cyber," ujar Ahmad Alkazimy, Manajer ID-CERT kepada merdeka.com, Kamis (13/6).

Menurut Alkazimy, pihaknya menyadari serangkaian serangan berkelanjutan yang dapat mengganggu atau berusaha untuk mengganggu sejumlah jaringan komputer lainnya.

Melalui kerja sama yang intens dengan mitra sektor swasta dan penegak hukum, ID-CERT telah mendistribusikan daftar indikator dari sejumlah peristiwa. Indikator yang terkandung dalam publikasi ini diberikan apa adanya secara situasional untuk membantu dalam pertahanan jaringan sebagai daftar pantauan atau untuk menyelidiki IP penyerang selama serangan.

ID-CERT memberikan petunjuk langkah antisipasi guna menghadapi malware tersebut, yaitu dengan melakukan update antivirus serta pemeriksaan kesehatan system secara berkala, dan melakukan update terhadap terhadap Patch OS dan aplikasi yang digunakan.





merdeka

No comments: