Wednesday, June 12, 2013

10 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik di Dunia Maya

 

812562


[imagetag]

Universitas Gunadarma menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) yang masuk ke urutan lima besar perguruan tinggi terbaik di dunia maya. Sementara urutan pertama hingga keempat masih didominasi oleh perguruan tinggi negeri (PTN) yakni ITB, UI, UGM dan Institut Teknologi Sepuluh November.



Berdasarkan data 4ICU, Senin (5/7/2010), peringkat satu hingga empat tak mengalami perubahan sejak januari 2010. Perubahan hanya terjadi di urutan kelima dimana peringkat Universitas Gunadarma merangsek naik. Pada Januari 2010, Universitas Gunadarma hanya menduduki urutan kesembilan sementara kini naik menjadi urutan kelima.



PTS lain di luar Gunadarma yang mampu mengimbangi dominasi PTN pada pemeringkatan tersebut yaitu Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Kristen Petra.

Selain itu, PTN lain yang baru masuk ke sepuluh besar untuk edisi Juli 2010 adalah Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Negeri Malang yang menggeser Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sistem pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan oleh 4ICU tak jauh berbeda dengan sistem pemeringkatan seperti Webometrics, dan JiaTong yang merupakan sistem pemeringkatan popularitas Perguruan Tinggi di dunia Internet. Meskipun berdasarkan popularitas di Internet, metode pemeringkatan sangat berkaitan dengan kiprah akademik Perguruan Tinggi tersebut karena kontribusinya ke publik.



Tidak heran terlihat bahwa kampus-kampus yang sudah cukup mapan dan terkenal serta memiliki kiprah, baik civitas akademikanya maupun kampus sebagai institusi, berada posisi ranking yang baik. Hal itulah yang masih menjadikan pemeringkatan perguruan tinggi tersebut menjadi panduan dalam upaya peningkatan kualitas. Banyak kampus di negara seperti Perancis terpaksa harus melakukan fokus pada kegiatan internasionalisasi setelah menganalisis posisi ranking Jia Tong nya yang rendah.



Lembaga 4ICU melakukan pemeringkatan terhadap 10 ribu perguruan tinggi di 200 negara. Peringkat popularitas tersebut diukur berdasarkan tiga parameter, yaitu Google pagerank, inbound link Yahoo, dan web traffic berdasarkan Alexa. Jadi bisa dikatakan ranking ini menggambarkan popularitas situs perguruan tinggi di dunia Internet, dan popularitas itu sangat ditentukan oleh tingkat kekayaan produk akademik dan kontribusinya dari perguruan tinggi terkait tersebut.



Saat ini 148 perguruan tinggi Indonesia berhasil masuk pemeringkatan tersebut. Berikut 10 Perguruan Tinggi Terbaik versi 4ICU:



1. Institut Teknologi Bandung

2. Universitas Indonesia

3. Universitas Gadjah Mada

4. Institut Teknologi Sepuluh November

5. Universitas Gunadarma

6. Universitas Bina Nusantara

7. Universitas Kristen Petra

8. Universitas Sebelas Maret

9. Universitas Sumatera Utara

10. Universitas Negeri Malang

Sumber: http://songkil.com/2010/07/06/10-perguruan-tinggi-indonesia-terbaik-di-dunia-maya/

No comments: